Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Rumah

Cara Menanam Hidroponik Sederhana Di Rumah – Bercocok tanam menggunakan metode hidroponik memang banyak caranya, mulai dari menggunakan botol bekas, sistem rakit apung, sistem aeroponik, dll. Untuk di era modern seperti ini, banyak yang menggunakan metode hidroponik lho. Jadi bagi kamu yang baru berkecimpung untuk mencoba bercocok tanam langsung saja baca artikel ini hingga tuntas.

Sebelumnya kami sudah memberikan beberapa jenis tanaman hidroponik yang bisa menjadi referensi kamu utnuk bercocok tanam, jangan lupa dibaca yah guys!!

Setelah mengenal jenis tumbuhan apa saja yang bisa ditanam dengan mudah. Sekarang kamu harus mengetahui cara menanam hidroponik yang bisa kamu lakukan dirumah.

Dibawah ini akan kami berikan beberapa cara termudah untuk menanam hidroponik sederhana, seperti :

1. Menanam Menggunakan Botol

Cara hidroponik sederhana yang sering kali dilakukan bagi pemula adalah menggunakan bahan utama botol bekas. Selain sangat mudah, keuntungan yang akan kamu dapatkan juga sangat banyak yaitu hemat tempat dan hemat biaya. Bagi kamu yang belum mengetahui bahan dan alat yang perlu kamu siapkan yaitu botol bekas, larutan nutrisi, kain flannel bekas, gunting/cutter, dan air.

2. Bercocok Tanam Sistem Rakit Apung

Menanam hidroponik sederhana selanjutnya menggunakan water culture system yaitu cara bercocok tanam yang terbilang modern dan termasuk paling sederhana. Hal ini membuat para pemula menyukai dengan sistem rakit apung.

Keuntungan bercocok tanam yang seperti ini diantaranya lebih hemat nutrisi dan air, perawatannya juga tidak sulit, bahan yang dibutuhkan mudah ditemukan, dan masih banyak lagi keuntungan lainnya. Sistem tercocok tanam yang rakit apung juga bisa digunakan untuk skala besar lho. Jadi yang sedang mencari referensi menanam hidroponik, bisa menggunakan cara yang satu ini guys.

3. Bercocok Tanam Sistem Pasang Surut

Cara hidroponik sederhana berikutnya adalah menggunakan Ebb And Flow System. Dalam hidroponik sederhana ini akan mendapatkan oksigen, air, dan vitamin melalui pemompaan, sumbernya dari penampungan yang sudah disediakan sebelumnya.

Pada saat jam tertentu, air dan nutrisi akan turun bersamaan menuju bak penampungan. Waktu pasang surut nya pun akan diatur menggunakan waktu, sehingga tanaman tidak akan mengalami kekurangan air atau tergenang air. Untuk pembuatan hidroponik sederhana ini juga sangat mudah dan hemat energi lho.

Ketahui juga!! Bahwa kekurangan dari sistem hidroponik pasang surut yaitu akan ketergantungan pada listrik serta biayanya pun cukup mahal.

4. Menggunakan Sistem Irigasi Tetes

Nama lain dari sistem irigasi tetes juga disebut sebagai sistem fertigasi, yaitu sistem pengairan serta pemberian vitamin dilakukan secara bersamaan. Sistem yang seperti ini juga sering kali digunakan dalam skala kecil maupun besar. Yang lebih efektifnya lagi, cara seperti ini cocok untuk tanaman yang berukuran besar dan membutuhkan ruang yang lebih luas untuk pertumbuhan akarnya.

Keuntungan yang ada di dalam drip system yaitu saat waktu pemberian vitamin harus sesuai dengan umur tanamannya, pertumbuhan akar juga mudah berkembang, dijamin bebas dari penyakit. Namun, dibalik keuntungan dari sistem ini!! Kamu juga harus mengetahui kekurangannya guys!!

Sistem irigasi tetes ini harus lebih intensif saat perawatannya, untuk modalnya juga relatif tinggi, perlu pemahaman yang luas mengenai bercocok tanam, sistem pengairan akan berpengaruh terhadap hasil panennya. Sehingga sistem irigasi tetes ini memerlukan orang yang sudah berpengalaman.

5. Bercocok Tanam Dengan Sistem Aeroponik

Kami akan memberikan rekomendasi hidroponik sederhana selanjutnya yaitu sistem aeroponik. Bagi yang belum mengetahui, sistem ini menggunakan metode apa?? Jadi cara bercocok tanamnya menggunakan media udara.

Untuk cara menanamnya kamu harus menyemprotkan nutrisi ke akar tamanannya. Namun kamu juga harus memerlukan bantuan teknologi. Kelebihan dari sistem aeroponik juga mudah mengendalikan akar tanaman, kebutuhan air juga sangat tercukupi.

Yang perlu kamu ketahui juga!! Bahwa ada juga poin-poin yang harus kamu perhatikan seperti biaya perawatannya sangat mahal, ketergantungan dengan energi listrik, serta mudah terjangkit penyakit jika tidak bisa dirawat dengan benar.

Nahitulah 5 cara bercocok tanam termudah serta paling sederhana yang bisa kamu terapkan. Nantikan juga artikel kami yang lainnya, jangan sampai ketinggalan yah guys!! Tak hanya tanaman hidroponik saja yang akan kamu ketahui, ada juga beberapa cara menanam tanaman yang lainnya.

Related Post