Fakta Hewan Gajah, Hewan Terpintar di Darat?

Siapa sih yang tak kenal dengan gajah? Hewan berbadan besar dengan belalai yang panjang ini menjadi ciri utama dari gajah.

Hewan ini cukup akrab di telinga manusia, bahkan banyak dari kita yang mungkin sudah pernah melihat langsung hewan raksasa satu ini baik di kebun binatang, sirkus, atau melihat mereka langsung di habitat aslinya.

Gajah saat ini hanya tersisa dua spesies yaitu Gajah Afrika dan Gajah Asia. Gajah sendiri merupakan hewan yang luar biasa.

Bukan hanya karena bobot tubuhnya yang berukuran besar namun juga karena mereka merupakan hewan yang sangat perasa seperti manusia.

Walaupun terkenal, ternyata masih banyak fakta mengenai gajah yang tak diketahui banyak orang. Nah, untuk kalian yang ingin tahu, di bawah ini kami akan memberikan daftar faktanya.

1.Keluarga Gajah Dipimpin Oleh Betina

Keluarga Gajah Dipimpin Oleh Betina

Berbeda dengan kawanan hewan lainnya, keluarga gajah justru dipimpin oleh seekor betina. Namun jangan salah, tak sembarang betina yang bisa menjadi pemimpin kawanan.

Pemimpin yang dipilih adalah mereka yang berusia paling tua, karena semakin tua seekor gajah betina maka ia akan semakin memiliki pengaruh yang kuat dalam sebuah kawanan.

Di dalam satu keluarga gajah kalian tak akan pernah menemukan gajah jantan dewasa karena gajah jantan hanya akan hidup bersama kelompoknya selama 15 tahun sebelum berpisah dengan induknya.

2.Hanya Butuh 4 Jam Untuk Tidur Namun 16 Jam Untuk Makan

Hanya Butuh 4 Jam Untuk Tidur Namun 16 Jam Untuk Makan

Walaupun tubuhnya besar, namun ternyata gajah bukanlah pemalas loh. Karena saat kita membutuhkan waktu 8 jam untuk tidur, seekor gajah hanya memerlukan waktu 4 jam semalam untuk tidur.

Bagi gajah, tidur nyenyak bukanlah hal yang mudah. Mereka bahkan jarang sekali tidur sambil berbaring dan mendengkur.

Alih-alih tidur nyenyak, kebanyakan gajah malah menghabiskan waktu istirahatnya untuk tidur sambil berdiri.

Namun, mereka membutuhkan waktu banyak untuk makan dalam jumlah banyak karena tubuhnya besar.

Tak ada ukuran pasti berapa kilogram makanan yang bisa mereka santap. Namun, seekor gajah bisa menghabiskan 16 jam dari waktunya hanya untuk makan.

Seekor gajah Afrika memiliki berat antara 4.000 sampai 7.000 Kg dan gajah Asia memiliki berat 3.000 sampai 5.000 kg. karena ukurannya yang besar inilah mereka butuh banyak makanan.

3. Punya Ingatan Yang Baik Dan Merupakan Hewan Perasa

Punya Ingatan Yang Baik Dan Merupakan Hewan Perasa

Selain tubuhnya yang besar, otak gajah juga besar. Seekor gajah dewasa memiliki otak seberat 5,4 kg. Dengan otak seberat itu, mereka juga memiliki ingatan yang bagus bahkan tergolong sebagai hewan yang cerdas.

Seekor gajah bahkan bisa mengingat gajah atau manusia walaupun sudah bertahun-tahun tidak bertemu. Selain itu, saat diberikan cermin, mereka juga bisa mengenali pantulan diri mereka sendiri. Pintar ya!

Gajah dengan tubuh besar juga ternyata memiliki perasaan loh. Saat seekor betina melahirkan, gajah yang lain akan menyambut anggota baru mereka dengan bahagia dan saling bahu-jmembahu dalam menjaga si bayi kecil.

Mereka juga khawatir ketika gajah lain sakit. Bahkan bisa menangis ketika salah satu temannya mati. Sangking sedihnya, sekelompok gajah akan memeluk dan menyempatkan diri untuk menatap kawan mereka yang sudah mati selama beberapa jam.

Mereka bahkan seakan berusaha menutupi gajah malang itu dengan tanah dan tumbuhan sebelum akhirnya pergi meninggalkannya.

Itulah berbagai fakta unik mengenai gajah. Ternyata, mereka juga merupakan hewan yang unik dan pintar sekali ya! karena itulah, yuk bantu jaga mereka di alam liar dengan tidak menangkap apalagi menyakiti mereka!

Related Post