Fakta Kanguru, Si Pelompat Hebat Yang Kuat

Kanguru merupakan hewan yang berasal dari Australia. Mereka juga merupakan kelompok mamalia dengan satu kantung atau biasa disebut marsupialia.

Kanguru merupakan satu-satunya mamalia yang bisa melompat. Tinggi kanguru sendiri bisa mencapai 1 – 8 meter.

Sedangkan untuk beratnya sendiri biasanya antara 40 – 200 kg. Zaman dulu, orang-orang pribumi Aborigin di pedalaman Australia menamakan hewan unik ini dengan nama gangguru, yang berarti “hewan cepat berwarna abu-abu”.

Kanguru seringkali dijumpai pada beberapa daerah di Indonesia yang juga memiliki kemampuan unik dimana tak semua hewan bisa melakukannya.

Namun, belum banyak orang yang tahu mengenai berbagai fakta mengenai kanguru. Nah, jika kalian belum tahu dan ingin tahu, di bawah ini kami akan memberikan berbagai faktanya.

1.Fungsi Kaki

Fungsi Kaki

Kaki depan dan belakang kanguru ternyata memiliki fungsi yang berbeda. Kaki depan biasanya digunakan untuk mengambil makanan.

Sedangkan kaki belakang biasanya digunakan untuk melompat. Lompatan kanguru bisa mencapai jarak 10 meter dengan kecepatan 65 km / jam.

Kaki belakangnya juga bisa digunakan sebagai alat pertahanan diri dan memperingkatkan kanguru lain jika ada bahaya.

Kanguru sendiri merupakan hewan berkelompok yang memiliki kaki belakang sangat kuat. Tendangannya bahkan bisa membuat cedera serius pada tubuh manusia.

Selain itu, kaki belakang mereka bisa melakukan lompatan yang luar biasa cepat. National Geographic mencatat dalam lamannya bahwa seekor kanguru bisa meloncat sejauh 8 meter dalam sekali loncatan. Jika di rata-rata, kecepatan gerak kanguru bisa mencapai 60 km per jam.

Hal ini juga membuktikan bahwa kanguru sangat bergantung pada kedua kaki belakangnya untuk melakukan perlindungan diri dan mobilisasi.

Dalam keadaan tertentu, kaki belakang kanguru juga bisa mereka gunakan untuk memberi kode bahaya kepada kawanan kanguru lainnya.

2.Kanguru dan Air

Kanguru dan Air

Selain gajah, ternyata kanguru merupakan salah satu hewan yang pintar dalam mencari sumber air dan berenang.

Kanguru bahkan bisa selamat di tengah kondisi kekeringan yang terkadang melanda alam liar daratan Australia.

Dalam kondisi yang jarang turun hujan, kanguru akan menggali tanah di mana ada cadangan air yang cukup untuk membuat mereka bertahan hidup.

Mamalia ini juga bisa mendeteksi keberadaan air di dalam tanah pada kedalaman tertentu. Naluri ini telah ada dan dipelajari sejak zaman purba.

Dimana nenek moyang mereka akan terus menggali tanah yang diperkirakan memiliki cadangan air yang cukup banyak.

Selain itu, mereka juga pandai berenang walaupun jarang terlihat kanguru yang berenang. Mereka bisa berenang dengan cukup lincah serta dengan kecepatan yang cukup baik.

Kedua kaki belakang kanguru bisa digerakkan secara terpisah serta bebas. Sedangkan kedua kaki depannya digunakan untuk mengatur keseimbangan tubuh di dalam air.

Namun, walaupun mereka pandai berenang, pada dasarnya mereka tidak suka berenang. Itulah mengapa jarang sekali kita melihat seekor kanguru yang berenang di alam liar.

Bukan hanya di sungai atau danau, mereka juga bisa berenang di laut. Di alam liar Australia, kawanan kanguru hanya akan berenang jika mereka akan berpindah ke tempat lain yang berada di seberang sungai.

Itulah beberapa fakta unik mengenai kanguru yang belum diketahui oleh banyak orang. Mungkin kalian juga belum tahu banyak mengenai hewan lincah satu ini.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama untuk kalian yang ingin tahu lebih dalam mengenai kanguru.

Related Post