Fakta Hewan Landak, Bisa Dipelihara Loh!

Landak merupakan  hewan mungil yang imut dan lucu namun memiliki duri yang tajam jika kalian berani mengganggu mereka.

Hewan ini juga diketahui telah dipelihara oleh beberapa orang karena mereka memiliki wajah yang lucu dan tubuhnya kecil sehingga terlihat sangat menggemaskan.

Merawat mereka juga tidak sulit dan tidak memerlukan banyak biaya sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kalian yang ingin memelihara binatang namun tidak memiliki budget yang besar.

Walaupun banyak orang yang mengetahui hewan imut satu ini, namun ada banyak hal mengenai landak yang mungkin jarang diketahui.

Nah, untuk kalian yang penasaran ydan berencana memelihara hewan ini, di bawah ini ada beberapa fakta unik mengenai Landak yang harus kalian tahu.

1. Nama Hedgedog Yang Dulunya Disebut Urchin  

Nama Hedgedog Yang Dulunya Disebut Urchin

Di dalam bahasa inggris, landak dinamakan dengan Hdgedog. Namun, nama ini sebenarnya berasal dari suara yang dihasilkan oleh mereka.

Landak menghasilkan suara seperti mendengkur ketika melewati rerumputan dan pepohonan ketika mencari cacing dan serangga untuk dimakan.

Karena itulah hewan ini dinamakan dari dua kata yaitu Hedge yang berarti pagar rumput-rumputan, dan Hog yang berarti babi karena hewan ini melambangkan kemalasan.

Namun dulunya, di sekitar abad pertengahan, nama landak dalam bahasa Inggris adalah Urchin sebelum akhirnya diganti menjadi hedgedog. Hal ini menjelaskan kenapa nama landak laut atau bulu babi dalam bahasa Inggris adalah sea Urchin.

2.Jumlah Duri dan Spesies

Jumlah Duri dan Spesies

Setiap ekor landak ternyata memiliki jumlah duri dengan jumlah yang fantastis yaitu 5000 duri. Namun, duri ini tak bertahan lama karena akan digntikan dengan duri baru setiap satu tahun sekali.

Hal ini mirip dengan sisem ganti kulit pada hewan mamalia dan serangga yang sering kita temukan dan kita ketahui bisa mengganti kulit.

Ada 17 spesies landak yang telah diketahui hingga sekarang. Di antara 17 spesies itu, Landak African Pygmy (Atelerix albiventris) merupakan spesies yang paling banyak dipelihara.

Landak ini memiliki berat sekitar 200 gram sampai 500 gram dengan ukuran tubuh sekitar 5 – 8 inci. Ukuran tubuhnya yang mungil membuatnya disenangi sebagai binatang peliharaan di rumah.

3.Hewan Intoleransi Laktosa Yang Memiliki Pengelihatan Buruk Namun Kebal Terhadap Racun

Hewan Intoleransi Laktosa Yang Memiliki Pengelihatan Buruk Namun Kebal Terhadap Racun

Selain itu, hewan ini jua merupakan hewan Lactose Intolerance yaitu hewan dengan keidakmampuan tubuh untuk mencerna gula atau karbohidrat pada tubuh.

Karena itulah, jiak kalian memelihara landak di rumah, jangan memberikannya susu karena akan membuatnya menderita.

Landak juga diketahui memiliki daya pengelihatan yang buruk sehingga membuatnya harus mengendalkan pendengaran serta penciumannya untuk hidup.

Namun, landak memiliki resistensi parsial terhadap racun ular. Hal ini dikarenakan sebuah protein bernama Eriacin yang ada di dalam otot lndak.

Tapi, racun dalam jumlah besar ataupun gigitan pada bagian kepala tetap akan membuat landak merasa kesakitan bahkan mati.

Walau begitu, kemampuan ini sangat berguna bagi landak terutama untuk bertahan hidup di hutan liar.

Itulah beberapa fakta mengenai landak yang perlu kelian ketahui terutama untuk kalian yang saat ini berencana memelihara seekor landak.

Tentu saja kalian juga harus tahu bagaimana cara merawatnya dan membuatnya percaya kepada kita agar tidak melukai kita.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini berencana memelihara seekor landak di rumah kalian.

Related Post