Fakta Hewan Tapir, Sudah Tahu?

Tapir merupakan hewan mamalia yang terlihat seperti babi hutan dengan belalai yang kecil. Karakter lainnya yang mencolok dari mereka adalah warna tubuh mereka.

Biasanya, tapir memiliki warna hitam di bagian kepala dan kaki belakang sedangkan punggun dan perutnya berwarna putih.

Namun, bagian lainnya hanya memiliki satu warna seperti hitam atau cokelat. Kalian bisa menemukan hewan ini di hutan-hutan Amerika Selatan, Amerika Tengah, hingga Asia Tenggara.

Hewan ini juga ada di Indonesia yang banyak ditemukan di bagian Sumatra. Namun, belum banyak yang mengetahui tentang hewan ini.

Nah, untuk kalian yang ingin tahu lebih dalam mengenai hewan ini, di bawah kami akan memberikan beberapa fakta Tapir yang mungkin kalian tidak tahu.

1.Belalai Tapir Merupakan Hidung dan Bibir Bagian Atas

Belalai Tapir Merupakan Hidung dan Bibir Bagian Atas

Seperti yang kita ketahui, tapir memiliki sebuah belalai yang digunakan untuk mengambil daun dan buah dari pohon.

Mereka lalu bisa memasukkan makanan tersebut ke dalam mulutnya. Selain itu, belalai ini juga bermanfaat saat mereka merasa terancam.

Hewan ini akan menyelam ke dalam sungai dan menggunakan belalainya untuk mengambil nafas dari permukaan air.

Walaupun mamalia, namun Tapir bisa berenang dan merupakan penyelam yang baik. Kemampuan ini juga dibantu oleh belalai yang mereka punya.

Hewan ini bisa hidup hingga 30 tahun karena kemampuannya dalam menyelam untuk pertahanan diri, mencari makanan, kawin, dan mendinginkan suhu. Mereka bisa berjalan di air dengan gesit.

2.Bisa Menjadi Sangat Gemuk dan Bisa Menumbuhkan Tanaman Dengan Kotorannya

Bisa Menjadi Sangat Gemuk dan Bisa Menumbuhkan Tanaman Dengan Kotorannya

Tapir memiliki badan yang hanya mencapai sekitar 100 cm. Namun mereka bisa memiliki berat badan hingga lebih dari 300 kg loh. Jenis tapir ini biasanya berasal dari Asia Tenggara.

Selain itu, mamalia yang merupakan herbivore ini memakan tumbuh-tumbuhan, terutama buah. Mereka menelan biji buahnya juga.

Biji buah yang tertelan oleh mereka nantinya akan keluar bersama dengan kotorannya. Biji tersebut tak dicerna dengan baik sehingga masih utuh dan bisa tumbuh lagi menjadi pohon baru.

Karena itulah, tapir sering dijuluki sebagai gardeners of the forest karena kemampuannya dalam membuat tumbuhan.

3.Memiliki Hubungan Dengan Badak dan Kuda

Memiliki Hubungan Dengan Badak dan Kuda

Bukan babi atau gajah, ternyata tapi memiliki saudara yaitu kuda dan badak. Hewan – hewan itu termasuk ked alam odd toed mammals atau mamalia dengan kaki ganjil.

Koda memiliki satu jari kaki dan badak memiliki tiga sedangkan tapir memiliki tiga jari di masing-masing kaki belakang dan empat di masing-masing kaki depannya.

 3.Bayi Tapir Punya Corak Unik dan Mereka Hidup Berkelompok

Bayi Tapir Punya Corak Unik dan Mereka Hidup Berkelompok

Bayi tapir bisa dibilang sangat lucu karena tubuhnya memiliki banyak bintik-bintik dan garis berwarna terang sepertu rusa.

Karakteristik ini ternyata berguna untuk membantu mereka bersembunyi di balik semak-semak dari para predatornya. Corak ini akan memudar dan hilang seiring dengan pertumbuhan tubuh mereka nantinya.

Selain itu, tapir juga merupakan hewan sosial yang suka berkelompok dengan keluarga besarnya. Kelompok tapir biasa disebut dengan Candle.

4.Suka Membuat Ekspresi Lucu dan Bisa Bersiul

Suka Membuat Ekspresi Lucu dan Bisa Bersiul

Saat tapir menggulung bibir dan mengangkat belalainya, mereka akan melakukan flehmen response yang berguna untuk mempertajam indra perasa dan penciuman tapir. Namun saat melakukannya, mereka membuat muka yang lucu.

Selain itu, mereka juga bisa mengeluarkan suara yang terdengar seperti siulan saat mereka kaget. Saat itu tapir umumnya akan mencari air terdekat dan menginjak-injakkan kaki dengan keras.

Itulah fakta menarik tentang tapir yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat.

Related Post