5 Jenis Hewan Laut Yang Sangat Berbahaya Dan Mematikan

Bagi kamu yang ingin merencanakan liburan ke laut harus mengetahui hewan yang berbahaya juga lho! Karena jika kamu tidak mengetahui hewan berbahaya, maka bisa membahayakan dirimu sendiri guys.

Tak hanya di darat saja yang kaya akan faunanya, melainkan di laut juga banyak ragam fauna yang lucu bahkan ada juga yang berbahaya. Apalagi ada beberapa diantara hewan laut yang membahayakan bagi manusia.

Supaya liburan dilaut kamu tenang dan tidak membahayakan, yuk simak selengkapnya dibawah ini ada jenis hewan laut yang berbahaya dan wajib di hindari :

1. Ular Laut

Tidak hanya di daratan saja yang dikenal sebagai hewan mematikan, namun di laut juga terdapat hewan ular laut yang memiliki kadar beracun paling mematikan. Jika dibandingkan dengan ular cobra, spesies yang satu ini juga sangat unggul bahkan menyandang predikat sebagai hewan yang berbahaya dan mematikan lho.

Jadi bagi kamu yang sedang menyelam didalam laut, jika menemukan hewan yang satu ini sebaiknya dihindari yah guys. Walaupun bentuk tubuhnya sangat unik, namun racun yang ada ditubuhnya bisa mematikan ribuan manusia bahkan akan mengalami kelumpuhan. Fauna yang satu ini bisa kamu temukan di perairan australia bagian utara dan asia tenggara.

2. Ikan Buntal

Salah satu ikan yang masuk kedalam golongan Tetradontidae ternyata memiliki racun yang kuat bahkan hampir diseluruh tubuhnya lho. Racun yang ada didalam tubuh ikan buntal yaitu neurotoksin, namun ada beberapa bagian yang paling berbahaya seperti pada bagian usus, kulit, dan hati.

Walaupun ikan ini tergolong hewan yang mematikan dilaut, di negara jepang ternyata menjadi santapan paling mahal lho. Maka dari itu, koki atau chef yang memasak ikan buntal harus profesional. Jika tidak bisa memisahkan racun pada bagian tubuhnya, akan mengakibatkan keracunan pada makanan.

3. Ubur-Ubur (Jellyfish)

Bagi kamu yang memiliki hobi menyelam di laut, pastinya sudah mengetahui hewan yang satu ini bukan? Dimana ubur-ubur termasuk kedalam hewan paling berbahaya dan memiliki sengatan yang mematikan.

Salah satu spesies yang masuk kedalam Cnidaria ini dapat menyerang organ tubuh manusia diantaranya sistem saraf, jantung, dan sel-sel kulit. Jika seseorang yang tersengat oleh hewan ini, maka dalam waktu 3 menit saja pernapasannya akan berhenti.

4. Ikan Batu

Ikan batu yang biasa populer di Indonesia memiliki nama lain yaitu Stonefish. Habitat ini sering kali ditemukan pada perairan samudra hindia. Apabila ada seseorang yang menemukan ikan ini, sebaiknya hindari guys. Karena ada racun yang mematikan dan bisa mengalami kelumpuhan, sakit yang tidak ada duanya, gagal jantung, bahkan bisa mengalami kematian.

5. Gurita Cincin Biru

Pada lama marine bio sudah tercatat bahwa gurita yang satu ini termasuk kedalam spesies yang mematikan dan beracun di perairan. Ada jenis racun yang terdapat pada spesies ini. Diantaranya berguna untuk memburu udang dan kepiting kecil. Sedangkan racun kedua berguna untuk melindungi dirinya dari musuh.

Ada hal yang perlu kamu ketahui, khususnya para hobi penyelam. Karena racun yang kedua ini bisa membahayakan bagi manusia lho. Karena racun tersebut beredar hampir di seluruh kulitnya serta akan dikeluarkan melalui lendir atau liur gurita.

Fauna yang berbahaya ini bisa kamu temukan dibeberapa perairan seperti Papua, Nugini, Jepang, Australia, Filipina, Dan Indonesia.

Nah itulah hewan laut yang termasuk kedalam golongan hewan berbahaya dan wajib dihindari saat menyelam.

Related Post