7 Hewan Langka Yang Ada Di Indonesia Serta Di Dunia

Hewan langka merupakan hewan yang sangat sulit dicari, karena saat ini jumlahnya yang sedikit dan dikenal sebagai spesies terancam. Tak hanya di Indonesia saja, melainkan ada beberapa fauna di dunia yang sudah terancam punah.

Oleh karena itu, bagi kaum milenial harus mengetahuinya, hewan apa saja yang terancam punah di Indonesia bahkan di dunia.

Yuk simak dibawah ini ada :

1. Elang Flores

Saat ini elang flores memiliki populasi kurang dari 250 ekor, hewan yang satu ini berasal dari Flores, Indonesia. Untuk saat ini spizaetus floris hanya bisa ditemukan di pulau NTT seperti Flores, Lombok, Satonda, Sumbawa, Paloe, dan Rinca.

Bagi kamu yang belum mengetahui bentuk elang flores yakni burung ini mempunyai ukuran tubuh sekitar 55cm untuk ukuran dewasa, memiliki ciri khas berbulu putih dikepalanya.

2. Gelada

Jika kamu melihat gambar hewan langka yang ada diatas, mungkin terlihat sama seperti orangutan. Bentuk tubuh gelaga menyerupai baboon yang bisa kamu temukan di dataran tinggi Ethiopia, Afrika Timur.

Kamu bisa belajar dari hewan langka yang satu ini, karena gelaga memiliki sifat yang sangat kompak. Sebagai contoh, jika ada salah satu anggotanya terancam, maka gerombolan gelaga akan menyerangnya dengan senjata gigi yang tajam dan cakaran mereka.

3. Dugong

Hewan langka ini biasa disebut sebagai ikan duyung yang termasuk spesies mamalia laut. Dugong bisa kamu temukan di perairan sebelah utara Australia. Mengapa hewan ini bisa terancam punah?? Karena banyak oknum yang berburu untuk mengambil daging dan minyaknya. Selain itu, dugong bisa hampir punah karena terjadi perubahan iklim ekstrem yang membuat hewan ini sulit untuk hidup dihabitat asalnya.

4. Komodo

Tentunya disini sudah banyak yang mengetahui hewan langka di indonesia ini bukan?? Yah betul, hewan ini merupakan spesies kadal terbesar yang ada di negeri ini. Varanus komodoensis yang bisa kamu temukan di pulau Komodo, Flores, NTT. Bersadarkan penelitian Komodo Survival Program (KSP) sejak 5 tahun terakhir relatif stabil antara 2.400 hingga 3.000 ekor.  Hewan ini bisa dibilang terancam karena disebabkan oleh pemburuan liar yang menginginkan kulit dari hewan komodo dan diperjual belikan secara illegal.

5. Badak Jawa

Selanjutnya hewan langka yang hampir punah adalah badak jawa, pada jaman dahulu hewan ini bisa kamu temukan di Asia Tenggara, bahkan Tiongkok. Namun dari tahun ke tahun hewan langka ini hanya tersisa 60-70 ekor. Populasi hewan ini disebabkan oleh pemburuan liar yang mengincar culanya. Karena bagi warga tradisional Tiongkok cula dari badak jawa ini bisa dijadikan pengobatan serta harga yang sangat menjanjikan di sekitaran pasar gelap.

6. Gajah

Populasi gajah semakin bertambahnya tahun semakin menurun, dikarenakan ada beberapa faktor. Tahukah kamu?? Bahwa sekitar 65% populasi gajah yang ada di Sumatera habis terbunuh oleh manusia yang tidak bertanggung jawab dan bisajadi 30% nya diracuni oleh manusia. Sehingga hewan mamalia terbesar di Indonesia ini harus dijaga dan dilestarikan.

7. Vaquita

Vaquita yang merupakan spesies lumba-lumba termasuk hewan langka di dunia. Terancam pada tahun 2014 dilansir menurun hingga dibawah 100. Populasi dari vaquita ini disebabkan oleh penangkapan sampingan yaitu kegiatan illegal.

Hal yang membuat penangkapan illegal ini terus terjadi karena kantong renang vaquita dan insang dihargai mencapai 46.000 dolar AS/kilogram yang diperjual belikan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Organ-organ tersebut akan dikeringkan lalu bisa menjadi pengobatan tradisional di China.

Nah itulah 7 hewan langka yang harus kamu ketahui! Tak hanya di Indonesia saja lho, ada juga beberapa hewan lainnya yang terancam punah di dunia.

Related Post