Hewan Laut Yang Terancam Punah Karena Perubahan Iklim

Hewan Laut

Lautan merupakan bagian yang sangat vital bagi planet yang kita huni. Dan ternyata sudah banyak hal yang berubah dari lautan di bumi ini karena adanya perubahan iklim.

Efek dari perubahan iklim ini juga tentu saja membawa pengaruh buruk bagi beberapa hewan laut yang hidup di air untuk bertahan.

Terlebih lagi beberapa hewan memiliki habitat di dinginnya air laut yang semakin menghangat. Beberapa ekosistem dan habitat laut juga kini terancam karena permukaan yang naik.

Hewan Laut Yang Terancam Punah

Hewan Laut

Menurut World Wildlife Fund, jika pemanasan global tak terbendung dengan rasio yang sama seperti sekarang, maka aka nada banyak spesies yang akan mengalami kepunahan masal dalam beberapa tahun ke depan.

Semakin cepat perubahan iklim, maka hewan di laut akan suli beradaptasi dan akan segera punah dengan jumlah yang besar.

Lalu, apa saja hewan yang terancam punah tersebut?

1.Beruang Kutub

Hewan Laut

Melelehnya es di laut adalah salah satu ancaman terbesar bagi beruang kutub, mamalia ini biasanya menghabiskan hidupnya di atas bongkahan es dan hampir separuh hidupnya untuk berburu anjing laut, ia lakukan di laut.

Naiknya permukaan laut membuat kemungkinan kelaparan yang bisa melanda beruang kutub semakin tinggi.

Hal ini dikarenakan habitat mereka akan dipenuhi air yang membuatnya sibuk mencari habitat dan berkurang waktu untuj berburu. Beruang ini terpaksa mencari lahan yang kering dengan bahan makanan yang berbeda.

2.Penyu

Hewan Laut

Hewan laut purba ini hanya tersisa tujuh di dunia dan tiga diantaranya dinyatakan terancam punah kritis dan tiga lainnya dinyatakan terancam punah.

Hal ini diperparah dengan kemampuan telur penyu yang bertahan dengan hanya beberapa yang menetas dari ratusan telur. Lebih buruknya lagi, yang menetas kebanyakan adalah penyu betina.

Hal ini dikarenakan temperature sarang induk penyu dapat mempengaruhi jenis kelamin keturunannya. Jika hangat, penyu betina akan lahir sementara penyu jantan akan muncul di temperature yang lebih dingin.

Menurut WWF, ini akan membahayakan penyu karena perubahan iklim yang membuat temperature semakin hangat membuat semakin sedikit penyu jantan yang lahir.

3.Paus Sikat Atlantik Utara

Hewan Laut

Salah satu hewan laut terbesar, paus ini juga terancam punah di jajaran eksistensi paus di lautan. Mamalia ini hanya bersisa 500 ekor di laut.

Populasinya semakin menurun drastic karena banyaknya perburuan illegal. Namun perubahan iklim juga memiliki andil besar dalam penurunan jumlah spesies paus sikat.

Hal ini dikarenakan plankton, makanan paus ternyata tak terlalu bisa berkembang biak di temperature laut yang panas dan membuat paus sikat harus bermigrasi ke tempat yang lebih dingin untuk mencari sumber makanan mereka.

4.Tufted Puffin

Hewan Laut

Burung cantik yang mirip dengan penguin yang bisa terbang ini merupakan binatang asli dari Amerika Utara.

Namun keberadaannya terancam punah karena temperature bumi yang meningkat sejak 1975 lalu., menurunkan kemampuan Puffin berkembang biak.

Hal ini dikarenakan anak-anak puffin terpaksa meninggalkan sarang jauh lebi muda dari yang seharusnya. Saat perairan menghangat, anak-anak burung ini tak bisa menumbuhkan bulu yang cukup untuk terbang.

Sehingga mereka akan meninggalkan sarang mereka tanpa perbekalan yang cukup untuk bertahan hidup.

Itulah 4 hewan laut yang terancam punah karena adanya perubahan iklim. Dari sini kita bisa belajar untuk menjaga bumi kita agar semua hewan bisa hidup dengan baik. Termasuk hewan laut maupun hewan laut dalam.

Related Post