Berbagai Hewan Nokturnal Yang Harus Kamu Tahu

Nocturnal adalah hewan yang tidur pada siang hari serta aktif di malam hari. Ini berarti mereka memiliki perbedaan waktu mencari makan dengan kita sebagai manusia.

Dimana manusia umumnya lebih aktif di siang hari dan tidur di malam hari. Hewan ini memiliki kemampuan indera yang jauh lebih tajam dibanding hewan lain.

Karena, di malam hari mereka harus mencari makan dan berburu. Karena itulah mereka harus memiliki indera yang lebih tajam untuk membantu kegiatan mereka.

Hewan ini biasanya memiliki kemampuan pendengaran, penciuman, dan pengelihatan yang khusus untuk melakukan aktivitas di malam hari yang minim cahaya.

Binatang lain biasanya bisa melakukan aktivitas di siang hari karena mendapatkan cahaya terang yang lebih banyak.

Karena lebih aktif di malam hari, mungkin tak banyak dari kita yang pernah melihat hewan-hewan tersebut. Karena itulah, di bawah ini kami akan memberikan daftar hewan nocturnal yang harus kalian ketahui.

1.Kelelawar

Kelelawar mungkin merupakan hewan yang paling terkenal sebagai hewan yang aktif di malam hari. Kita semua tahu bahwa mereka biasanya akan muncul saat hari sudah gelap.

Hewan mamalia dengan kemampuan terbang ini dapat memanfaatkan kedua kaki depannya yang bisa mengembang menjadi sebuah sayap saat dikepakkan.

Kelelawar juga diketahui merupakan satu-satunya mamalia yang bisa terbang. Mereka biasanya memangsa burung, tikus, buah-buahan, dan ikan.

2.Burung Hantu

Burung hantu juga sangat popular dan dikenal sebagai hewan nocturnal. Hewan ini merupakan salah satu karnivor yang memiliki mata besar yang khas.

Uniknya, mata yang dimiliki oleh burung hantu terletak di depan, tidak seperti burung lain yang memiliki mata di samping kiri dan kanan.

Burung ini merupakan karnivor yang suka memakan hewan hewan kecil seperti tikus, belalang, ikan, hingga ayam.

Di Indonesia, burung ini dianggap sebagai pembawa tanda kematian. Namun di dunia barat hewan ini dianggap sebagai symbol kebijaksanaan.

Paruhnya berbentuk bengkok tajam seperti elang dan memiliki leher yang bisa berputar hingga 180 derajat karena kelenturannya.

Biasanya burung hantu memiliki bulu yang kecoklatan atau abu-abu dengan bercak hitam dan putih. Mereka juga tidak banyak bergerak sehingga sulit terlihat.

3.Lemur

Lemur mungkin sedikit asing di telinga kita masyarakat Indonesia. Karena, hewan ini merupakan primate yang tinggal di Madagaskar, Afrika.

Hewan ini memiliki habitat yang sangat beragam namun hanya berada di satu pulau. Mereka bisa hidup di hutan hujan tropis sampai dengan gurun yang kering.

Bentuk mata mereka bisa memantulkan cahaya di malam hari disertai dengan teriakkannya yang nyaring.

Mereka biasanya mencari makanan berupa seragga besar dan vertebrata kecil seperti bunglon. Namun, makanan utama mereka sebenarnya adalah buah karena mereka merupakan hewan omnivore.

4.Musang

Musang merupakan seekor mamalia yang suka memakan daging. Hewan ini merupakan hewan karnivor sama seperti hewan nocturnal lainnya di atas.

Karena itulah, jangan heran jika kalian sering mendengar kabar ayam yang dimakan oleh musang di malam hari.

Hewan ini biasanya hidup di dekat permukiman seperti perkotaan. Makanan utama mereka adalah biji kopi atau buah-buahan namun biasanya juga memangsa ayam.

Itulah 4 hewan nocturnal yang selama ini hidup berdampingan dengan kita. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat serta menambah ilmu pengetahuan kalian mengenai hewan di sekitar.

Related Post