Daftar 4 Hewan Yang Berkembangbiak Dengan Cara Ovipar

Ovipar merupakan salah satu cara perkembangbiakkan hewan yang dilakukan dengan cara bertelur yang pada umumnya memiliki ciri-ciri telurnya dierami sampai menetas.

Perkembangbiakkan ini berasal dari kata Ovum yang memiliki arti telur. Ovipar adalah jenis reproduksi yang mengakibatkan telur yang dikeluarkan berkembang dan menetas di luar badan induknya.

Kelompok burung juga merupakan hewan ovipar walaupun burung tidak memiliki alat kelamin luar. Namun, fertilisasi tetap terjadi di dalam tubuh.

Hal ini dilakukan dengan cara saling menempelkan kloaka. Pada burung betina hanya ada satu ovarium, yaitu ovarium kiri.

Ovarium kanan tidak tumbuh sempurna dan tetap kecil yang disebut rudimeter. Ovarium dilekati oleh suatu corong penerima ovum yang dilanjutkan oleh oviduk.

Ujung oviduk membesar menjadi uterus yang bermuara pada kloaka. Pada burung jantan ada sepasa testis yang berhimpit dengan ureter dan bermuara di kloaka.

Fertilisasi akan berlangsung di daerah ujung oviduk saat sperma masuk ked alam oviduk. Ovum yang telah dibuahi akan bergerak mendekati kloaka.

Saat perjalanan menuju kloaka di daerah oviduk, ovum yang telah dibuahi sperma akan dikelilingi oleh materi cangkang berupa zat kapur.

Telur juga bisa menetas jika dierami oleh induknya. Embrio mendapat makanan dari cadangan makanan yang ada di dalam telur. Telur dikeluarkan dari tubuh induk betina lalu dierami hingga menetas menjadi anak.

Ovipar juga terjadi pada beberapa jenis reptile. Apa saja hewan tersebut?

Hewan Yang Berkembangbiak Dengan Ovipar

Hewan Yang Berkembangbiak Dengan Ovipar

Pembuahan pada hewan ovipar ada 2, yaitu pembuahan internal dan eksternal. Pembuahan internal akan terjadi di dalam tubuh induk betina, seperti proses yang dialami oleh hewan jenis burung dan serangga.

Sementara pembuahan eksternal akan terjadi di luar tubuh induk betina, seperti proses yang dialami oleh ikan dan katak.

1.Ikan

Ikan

Hampir seluruh spesies ikan merupakan hewan ovipar yang berkembang biak dengan cara bertelur. Mereka bahkan bisa mengeluarkan ratusan hingga ribuan telur dalam satu siklus perkembangbiakkan.

Ada ikan yang bertelur saat sedang berenang, ada pula yang bertelur di tumbuh-tumbuhan air atau ada pula yang bertelur di lubang galian kecil.

Bahkan, ada ikan yang menyimpan telurnya di dalam mulut untuk melindungi telur dari pemangsa. Contohnya adalah ikan mas, salmon, badut, dan tuna.

2.Reptil

Reptil

Menurut ilmuan, cara reptile berkembang biak cukup rumit karena ada spesies reptile yang bertelur, ada pula yang melahirkan. Bahkan, ada yang bertelur dan melahirkan.

Reptile yang bertelur juga ada yang di tanah dan di air. Contoh hewan ovipar yang termasuk reptile antara lain adalah penyu, kura-kura, cicak, buaya, dan ular.

3.Amfibi

Amfibi

Sebagian besar hewan amfibi merupakan hewan ovipar. Namun ada beberapa spesies yang juga melahirkan.

Biasanya hewan amfibi bertelur di air karena telurnya tidak memiliki cangkang dan membutuhkan kelembapan.

Seperti reptile, amfibi juga bertelur dalam jumlah banyak. Terkadang ada yang bertelur dalam sebuah kantung yang berisi ratusan telur. Contoh hewan ovipar yang termasuk kelompok amfibi adalah katak, kodok, dan salamander.

4.Athropoda

Athropoda

Hewan yang termasuk atrophoda adalah hewan dengan kaki bersendi. Dalam kelompok hewan ini, ada serangga, udang-udangan, belalang, nyamuk, capung, kepiting, semut, lobster, kalajengking, dan kupu-kupu.

Itulah 4 hewan yang berembang biak dengan cara ovipar yang perlu kalian tahu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Related Post