Hidup Sejak Zaman Dinosaurus, Hewan Purba Ini Masih Hidup Sampai Sekarang

Hewan Purba

Jika membicarakan tentang hewan purba, gambaran pertama yang terlintas di kepalamu pasti merupakan hewan besar dan ganas layaknya dinosaurus.

Memang pikiran tersebut tidak salah. Karena pada dasarnya hewan yang hidup di zaman dulu memiliki ukuran yang fantastis. Melihat gambarannya saja bisa membuat bulu kuduk merinding.

Hewan Purba Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

Hewan Purba

Sebelum adanya manusia, hewan-hewan yang hidup di bumi memang cenderung memiliki ukuran yang besar.

Namun, banyak diantara hewan tersebut yang punah sebelum adanya manusia. Tapi, bukan berarti semua hewan purba telah punah dan tak bisa kita lihat lagi.

Ada beberapa hewan yang sudah hidup ratusan bahkan jutaan tahun lalu yang sampai sekarang masih hidup berdampingan dengan kita.

Penasaran? Yuk simak di bawah ini.

1.Ikan Lamprey

Hewan Purba

Lamprey merupakan salah satu hewan laut yang hidup sejak 360 juta tahun yang lalu. Penampilannya mirip seperti belut namun ia tak memiliki tulang dan hanya memiliki kerangka tulang rawan dan sirip ekor tunggal.

Mulutnya besar dan aneh karena menyerupai corong dengan gigi yang bergerigi. Ikan ini makan dengan cara menyedot darah ikan lain.

2.Komodo

Hewan Purba

Komodo memang diketahui sebagai salah satu hewan purba yang masih hidup di bumi. Komodo sendiri merupakan reptile purba endemic yang berevolusi mulai sekitar 25 – 40 juta tahun yang lalu.

Hewan ini sangat dilindungi di Indonesia bahkan dibuat penangkarannya sendiri. Komodo merupakan hewan yang berasal dari genus Varanus yang berkembang di benua Asia.

Kabarnya, hewan ini masih bersaudara dengan dinosaurus. Karena, beberapa fosil dinosaurus tertentu memiliki struktur yang sama seperti komodo.

Tapi, tak jarang juga komodo dikira masuk ke dalam hewan berjenis kadal sehingga disebut sebagai kadal terbesar di dunia.

3.Salamander Raksasa China

Hewan Purba

Hewan purba terbesar ini satu ekornya bisa mencapai 1,8 m. Namun, populasinya sekarang terancam punah karena terlalu banyak diburu untuk dikonsumsi atau dijadikan sebagai obat-obatan tradisional. Padahal, hewan ini diyakini sudah ada sejak 170 juta tahun yang lalu.

4.Nautilus

Hewan Purba

Hewan bernama Nautilus ini sudah ada semenjak bumi belum terbagi atas beberapa benua. Tepatnya sekitar 500 juta tahun lalu.

Dulunya, hewan ini bisa mencapai 1000 spesies. Sayangnya sekarang ini hanya tinggal tersisa beberapa saja yang ditemukan di tepi Samudera Pasifik dan Hindia.

Hewan moluska ini memiliki mulut serta tentakel yang bentuknya aneh. Lobster, ikan, dan kepiting merupakan makanan kesukaannya.

5.Ubur-Ubur

Hewan Purba

Ubur-ubur ternyata merupakan salah satu hewan multiorgan tertua yang ada di dunia. Pasalnya, hewan ini sudah ada sejak 500 – 700 juta tahun yang lalu.

Hewan ini memiliki jaringan saraf khusus yang membantunya bertahan hidup serta merasakan lingkungan sekitarnya.

Berbeda dengan hewan prasejarah lainnya yang semakin menurun dan dilindungi, populasi ubur-ubur justru terus meningkat.

6.Penyu Belimbing

Hewan Purba

Penyu belimbing juga merupakan salah satu penemuan hewan purba yang masih hidup sampai sekarang.

Spesies belimbing merupakan spesies penyu terbesar ke empat di dunia dan bisa ditemukan di perairan tropis Indo Australia yang sudah ada di bumi sejak 100 juta tahun lalu.

Itulah 6 hewan purba yang sampai sekarang diketahui masih hidup dan masih ada. Walaupun beberapa terancam punah, namun tiap pemerintah selalu berusaha untuk melindungi mereka agar tidak mengalami kepunahan. Semoga bermanfaat.

Related Post