Ciri-Ciri dan Contoh Hewan Vivipar Yang Harus Kamu Tahu

Hewan Vivipar

Vivipar merupakan salah satu cara perkembangbiakkan hewan dengan cara melahirkan. Memang, hewan memiliki caranya masing-masing untuk berkembang biak dan menghasilkan keturunan mereka.

Salah satunya adalah perkembangbiakkan dengan cara vivipar. Vivipar biasanya terjadi pada mammalian maupun binatang menyusui.

Saat mereka kawin, akan terjadi proses pembuahan atau fertilisasi di dalam tubuh betina yang menjadi induk.

Jika pembuahan tersebut berhasil, maka aka nada individu baru dari jenis hewan itu. Induk betina akan mengandung calon anak selama beberapa waktu.

Selama di kandungan, akan terjadi proses pembentukkan tubuh dari calon individu baru tersebut. Setelah lahir, individu baru itu akan disusui oleh induknya hingga cukup mampu mencari makan sendiri.

Ciri-Ciri Serta Contoh Hewan Vivipar

Hewan Vivipar

Pada dasarnya semua makhluk hidup akan berkembang biak dimana akhirnya mereka akan menghasilkan keturunan.

Tujuan mereka berkembang biak adalah untuk memperbanyak keturunan agar jenisnya tidak habis atau punah.

Manusia pun berkembang biak dengan caa melahirkan anak. Sama halnya dengan kucing dan hewan lainnya.

Ciri-Ciri Vivipar

Hewan Vivipar

Hewan vivipar adalah hewan yang berkembang biak secara melahirkan. Umumnya, mereka memiliki beberapa ciri-ciri seperti:

  • Merupakan mamalia
  • Memiliki daun telinga yang berfungsi untuk mengetahui sumber suara
  • Memiliki kelenjar susu yang berguna untuk menyusui anak-anaknya.
  • Penutup tubuhnya berupa bulu / rambut
  • Janin / calon individu baru dikandung di dalam Rahim tubuh induk. Selama di kandungan calon individu baru tersebut akan mengalami poses tumbuh kembang hingga akhirnya siap dilahirkan dari tubuh induk.
  • Bentuk fisik tubuh anak sama dengan bentuk fisik induknya.

Contoh Hewan Vivipar

Hewan Vivipar

Ada beberapa contoh yang bisa kalian lihat pada berbagai gambar hewan vivipar di Google, seperti:

  • Kucing

Kucing berkembang biak dengan cara melahirkan anak. Setelah melahirkan, kucing akan menyusui anaknya sehingga mereka disebut sebagai hewan mamalia. Kucing juga merupakan hewan yang banyak dipelihara oleh manusia.

Masa kehamilan kucing biasanya bervariasi antara 59 – 70 hari, rata-rata 63 – 65 hari atau sekitar 9 minggu. Kucing mengalami pertumbuhan dari bayi hingga dewasa.

Namun, kucing memiliki siklus reproduksi yang berbeda dengan hewan lain maupun manusia karena kucing tidak memiliki soklus reproduksi yang teratur dalam periode tertentu. Tahap birahi pada kucing dipengaruhi oleh berbagai hal. Salah satunya adalah lama matahari bersinar dalam satu hari.

  • Anjing

Tidak seperti kucing, anjing mengalami siklus reproduksi yang rutin dan spontan dalam hal pelepasan sel telur dari indung telur atau ovulasi. Hewan ini mengalami perkembangan yang sangat baik sejak dulu sehingga bisa menghasilkan berbagai jenis anjing.

Anjing juga banyak dipelihara oleh manusia karena memiliki rambut dan bulu yang indah. sebagian orang juga berfikir bahwa mereka merupakan hewan yang pintar jika dilatih dengan baik.

Kucing
  • Lumba-Lumba

Lumba-lumba merupakan mamalia laut dengan kecerdasan yang tinggi jika dibandingkan dewan hewan laut lainnya. Mereka mampu mengurangi gesekat dengan air sehingga bisa berenang dengan cepat dan tanpa hambatan.

Mereka juga termasuk dalam golongan hewan menyusui karena lumba-lumba merupakan mamalia dengan habitat utama laut di seluruh dunia.

  • Paus

Paus merupakan mamalia yang habitat utamanya berada di dalam laut. Walaupun hidupnya di laut, namun hewan ini bernafas dengan paru-paru dengan cara sesekali menuju ke permukaan laut untuk menghirup udara kemudia kembali ke laut lagi.

Itulah ciri-ciri dan beberapa contoh hewan Vivipar yang harus kalian ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Post