Daftar 4 Ikan Air Payau

Air Payau merupakan hasil perpaduan dari air tawar dan air laut asin yang biasa dijumpai di daerah muara sungai atau pesisir pantai.

Di perairan ini ada banyak sekali hidup berbagai jenis ikan hasil dari adaptasi lingkungan. Sebagian merupakan air laut yang beradaptasi di perairan tawar dan sebagian lagi ikan air tawar yang beradaptasi dengan perairan asin.

Daftar Ikan Air Payau

Daftar Ikan Air Payau

Ikan air payau termasuk kedalam kategori ikan yang mudah dibudidayakan, ikan dari perairan ini juga banyak diminati oleh pembudidaya karena pemeliharaannya yang tak terlalu rumit, cepat besar, serta banyak diminati pasar dan harganya cenderung mahal.

Lalu, ikan apa saja sih yang bisa hidup di air payau? Yuk simak di bawah ini.

1.Kakap

Kakap

Kakap merupakan jenis ikan budidaya yang bisa hidup di ekosistem air payau. Ikan ini biasanya memakan jenis ikan kecil dan udang-udangan.

Di perairan Indonesia beberapa jenis kakap bisa kita dapati seperti kakap merah, kakap putih, kakap bakau, dan kakap merah sejati.

Habitat asli ikan kakap adalah pantai mangrove, sungai jernih, dan juga pantai yang berkarang. Ikan kakap dikenal memiliki rasa yang lezat.

Tak heran jika kakap menjadi salah satu menu andalan di rumah makan maupun di berbagai restoran.

Ikan dengan nama latin Lates Calcarifer ini bisa hidup di daerah yang tropis maupun semitropis. Selain itu, ikan ini bisa hidup di air payau dan air laut asin.

Temperature habitat kakap putih di kisaran 20 derajat celcius. Kakap putih bisa berukuran sampai dengan 1,8 m dengan berat 60 kg.

Ikan ini termasuk hewan karnivora yang memangsa ikan yang lebih kecil dan kelompok udang-udangan.

2.Kerapu

Kerapu

Kerapu merupakan jenis ikan payau yang poulasinya mulai berkurang. Ikan ini terbagi menjadi tiga jenis yaitu kerapu lumpur, macan, dan bebek kerapu yang termasuk kedalam ikan yang menjadi favorit karena rasanya yang lezat.

Dibandingkan dengan ikan payau lainnya, harga kerapu bisa dibilang cukup mahal namun tentu saja rasanya enak.

Namun, akhir-akhir ini sangat sulit untuk menemukan ikan kerapu. Hal ini karena adanya penangkapan ikan dengan cara-cara yang tak ramah lingkungan. Karena sulit dicari, ikan ini menjadi dihargai sangat mahal.

3.Bandeng

Bandeng

Bandeng adalah ikan air payau yang cukup populer. Ikan yang merupakan oleh-oleh khas kota Semarang ini memiliki ciri daging putih dengan serat yang halus serta rasa yang gurih.

Ikan ini banyak dibudidayakan karena bisa ditebar dengan kepadatan tinggi. Setelah empat bulan, bandeng bisa mencapai berat rata-rata 450 gr.

Jenis ikan satu ini juga sangat populer untuk di makan karena rasanya sangat enak walaupun durinya banyak.

Namun jika di sajikan dalam bentuk bandeng presto rasanya akan sangat enak dan durinya juga menjadi empuk.

4.Patin

Patin

Ikan patin cukup populer dibudidayakan karena dagingnya banyak dan cepat besar. Selain itu, ikan ini bisa diolah menjadi berbagai macam kuliner.

Patin merupakan sekelompok ikan berkumis yang termasuk kedalam genus Pangasius. Ikan jenis ini bisa tumbuh dengan ukuran yang sangat besar. Beberapa patin yang hidup di Sungai Mekong bisa mencapai panjang lebih dari dua meter.

Itulah 4 jenis ikan yang bisa hidup di air Payau. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat serta menambah ilmu pengetahuan untuk kalian.

Related Post