5 Ikan Laut Dalam Yang Tak Pernah Kamu Lihat

Lau merupakan tempat yang penuh dengan misteri. Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), hingga sekarang manusia baru mengetahu 5% tentang laut sementara 95% sisanya masih mejadi misteri.

Penelitian mengenai laut dalam juga masih minim. Begitu pula dengan makhluk hidup yang tinggal di dalam sana.

Daftar Ikan Laut Dalam

Daftar Ikan Laut Dalam

Walaupun minim cahaya dan oksigen, laut dalam masih dihuni oleh berbagai spesies ikan. Ikan-ikan ini terkenal dengan bentuknya yang aneh dan menyeramkan.

Nah, untuk kalian yang ingin tahu wujud ikan-ikan tersebut, di bawah ini kami akan memberikan daftarnya.

1.Black Dragonfish

Black Dragonfish

Walau terlihat menyeramkan, kalian pasti akan kaget jika mengetahui ukuran dari black dragonfish. Ikan ini hanya memiliki panjang sebesar 5 cm untuk jantan dan 40 cm untuk betina.

Ikan ini diperkirakan berada pada kedalaman 500 – 2.000 meter di bawah permukaan laut yang sangat gelap.

Ikan ini memiliki kemampuan bioluminesensi alias bisa menghasilkan cahaya sendiri. Cahaya ini menyinari tubuhnya dan dimanfaatkan untuk berburu mangsa.

Lebih unik lagi, cahaya ini hanya bisa dilihat oleh black dragonfish yang tidak tampak di mata manusia.

2.Fangtooth Fish

Fangtooth Fish

Fangtooth fish hanya memiliki panjang maksimal 16 cm dan bisa hidup di kedalaman 200 – 2.000 meter di bawah permukaan laut.

Namun, mereka bisa tinggal hingga di kedalaman 5.000 meter. Ciri khas dari fangtooth fish adalah gigi taringnya yang tajam, rahang yang besar, dan sirip yang kecil.

Mereka akan memangsa zooplankton dengan cara menyaringnya dari air. Sementara ikan dewasa lebih suka memakan ikan kecil atau cumi-cumi.

Namun ikan ini sering menjadi target incaran predator seperti tuna, hiu, atau marlin. Fangtooth fish juga lebih serin ditemukan berkeliaran seorang diri dibanding bergerombol dengan kawanan.

3.Sarcastic Fringehead

Sarcastic Fringehead

Hewan ini memiliki panjang maksimal 30 cm saja. habitatnya tersebar di Samudra Pasifik dan bisa ditemukan di lepas pantai Amerika Utara seperti di Claifornia dan San Fransisco.

Mereka tinggal di kedalaman 3 – 73 meter di bawah permukaan air laut. Mereka juga bisa memakan ikan yang ukurannya lebih besar darinya.

Hal ini mereka lakukan untuk menunjukkan dominasi dan kekuatan. Ia akan membuka mulutnya lebar-lebar saat hendak memangsa buruannya.

Uniknya, ikan ini seringkali ditemukan tinggal di objek buatan manusia, seperti kaleng atau botol soda.

4.Belut Pelikan

Belut Pelikan

Biasanya, belut memiliki mulut dan rahang yang kecil. Berbeda dengan belut pelican yang memiliki mulut lebar dan rahang yang besar.

Dengan mulut selebar ini, mereka bisa menelan binatang yang ukurannya lebih besar darinya. Mangsanya akan disimpan di kantung di rahang bagian bawah.

Mereka bisa tumbuh dengan panjang hingga 75 cm. kalian bisa menemukannya di semua asmudra beriklim sedang dan tropis.

Mereka juga bisa tinggal di kedalaman antara 500 – 3.000 meter di bawah permukaan laut. Mangsa favorit mereka adalah ikan, cumi-cumi, udang, dan hewan invertebrate kecil lainnya.

5.Hiu Berjumbai

Hiu Berjumbai

Sepintas mungkin kalian tak akan menyangka jika hewan ini adalah hiu. Karena, tampilannya lebih menyerupai belut.

Hiu ini bisa tinggal di kedalaman 1.570 meter di bawa permukaan laut. Sementara, di teluk Suruga, Jepang, hiu berjumbai biasa tinggal di kedalaman 50 – 200 meter.

Hiu ini memiliki rahang yang panjang dan felskibel sehingga bisa menelan mangsanya utuh. Saat mangsanya sudah di dalam mulut, mereka akan kesulitan melarikan diri karena jajaran gigi kecilnya yang rapat dan mirip jarum.

Jumlah giginya mencapai 300 buah. Hiu ini bisa tumbuh sepanjang 2 meter.

Itulah 5 hewan yang tinggal di laut dalam. Semoga bermanfaat.

Related Post