8 Jenis Tanaman Aquascape

Tanaman aquascape adalah jenis tumbuhan yang sering ditempatkan dalam aquarium. Sama seperti tanaman yang lainnya, bahwa aquascape juga membutuhkan CO2 supaya bisa melakukan fotosintesis. Maka dari itu, kalau kamu ingin merawat tanaman aquascape, kamu juga memerlukan tabung CO2 yang berguna untuk menyuplai CO2.

Namun ada hal yang perlu kamu ketahui juga! Bahwa ada beberapa tanaman yang tidak memerlukan CO2 supaya bisa bertahan hidup. Kamu juga harus rutin mengganti air satu minggu sekali atau 4 hari sekali. Suhu yang ada didalam akuarium juga perlu kamu perhatikan lho, tidak boleh lebih dari 30oC.

Adapun jenis tanaman aquascape diantaranya :

1. Peacock Moss

Sudah kami berikan penjelasan diatas, bahwa ada beberapa tanaman aquascape yang tidak memerlukan CO2 salah satunya adalah peacock moss. Dimana karakteristik dari tanaman ini berbentuk lebar yang memiliki ranting bercabang hampir mirip seperti ekor merak.

2. Java Moss

Masih sama seperti yang sebelumnya kalau java moss juga tidak memerlukan COuntuk ditaruh di akuarium. Untuk bentuk dari tanaman ini seperti rumput laut, namun yang bisa kamu bedakan adalah warna dari tanamannya yang lebih terang. Kamu juga sangat mudah untuk mencari tanaman yang satu ini.

3. Pakis Lidah

Tanaman yang sangta populer dan banyak diminati salah satunya adalah pakis lidah. Tanaman ini bisa tumbuh dari sebuh batang yang dikenal sebagai rimpang. Supaya tanaman ini lebih cepat tumbuh, kamu memerlukan didalam akuarium pencahayaan yang memadai dan kamu tidak perlu menyediakan asupan karbon dioksida tambahan guys. Sehingg bisa meringankan kamu untuk merawatnya.

4. Ludwigia Repens

Tanaman aquascape yang satu ini ternyata dapat menyeimbangan ukuran tanaman yang ada didalam akuarium lho. dimana tanaman ini sangat cocok untuk diletakkan pada bagian depan akuarium. Untuk perlengkapannya kamu memerlukan pencahayaan yang memadai supaya daunnya tidak layu dan rontok.

5. Fissiden Moss

Tanaman yang satu ini juga termasuk aquascape yang tidak membutuhkan CO2 lho. tahukah kamu! bahwa tanaman ini sangat populer diwilayah amerika utara. Untuk merawat aquascape yang satu ini juga sangat mudah guys. Walaupun tidak membutuhkan CO2 namun kamu juga perlu sedikit berikan oksigen agar perkembangannya semakin baik.

6. Riccia Flitans

Jika kamu sudah pernah melihat tanaman aquascape yang satu ini, pastinya akan terlihat sangat unik. Jenis tanaman yang bisa kamu taru di akuarium secara mengapung ini bisa hidup tanpa bantuan oksigen lho. tanaman ini juga tidak mesti mengapung saja, melainkan dapat berahan hidup dengan kondisi tenggelam.

Riccia dapat hidup tenggelam karna tanaman ini bisa mengikat dirinya sendiri pada kayu apung atau batu.

7. Dwarf Baby Tears

Salah satu jenis tanaman aquascape terkecil dan sangat unik untuk kamu pelihara didalam akuarium. Kamu bisa meletakkan Dwarf Baby Tears seperti karpet atau foreground.

Jika kamu memilih tanaman aquascape yang satu ini, tidak memerlukan perawatan yang intensif. Karena tanaman ini hanya perlu pencahayaan yang tinggi. Kalau tidak ada pencahayaan, maka tanaman ini akan naik keatas untuk mencari pencahayaan bagi dirinya.

8. Monte Carlo

Masih sama seperti yang sebelumnya, dimana tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai karpet. Bagi pertumbuhan dari tanaman Monte Carlo termasuk sangat cepat lho. apalagi jika terkena cahaya yang tinggi, maka perkembangan tanaman aquascape ini akan semakin tinggi dan bisa menghasilkan karpet sesuai akuarium yang kamu miliki.

Nah itulah jenis tanaman aquascape yang bisa kamu bedakan perkembangannya. Dimana ada jenis tanaman yang memerlukan cahaya yang tinggi, ada yang perlu dengan perawatan CO2, hingga tanaman aquascape tanpa CO2.

Related Post