Daftar Tanaman Langka di Indonesia, Yuk Jaga Mereka!

Indonesia memiliki negara dengan luas yang sangat besar. Mulai dari Sabang sampai Marauke. Sangking luasnya, negara ini dihuni oleh berbagai hewan dan tanaman langka.

Tanaman-tanaman yang langka ini biasanya dilindungi dan dijaga kelestariannya agar tidak punah. Nah, untuk kamu yang mau tahu apa saja sih tanaman langka yang ada di Bumi Periwi ini, yuk simak di bawah.

Tanaman Langka Yang Dilindungi di Indonesia

Tanaman Langka

Dari jutaan jenis tumbuhan yang ada di Indonesia, beberapa di antaranya dikategorikan sebagai tumbuhan langka yang terancam punah.

Kabar ini menjadi perhatian bagi para penggiat dan juga pihak-pihak pemerhati flora di Indonesia. Selain itu, seharusnya hal ini juga menjadi focus bersama antara pemerintah dan warganya.

Karena, kekayaan flora di Indonesia merupakan warisan tak benda yang sama-sama harus dijaga dan dilestarikan.

1.Rafflesia Arnoldii

Tanaman Langka

Bunga raksasa yang namanya sudah tersohor di dunia ini pertama kali ditemukan oleh pria berkebangsaan Inggris bernama James Arnold pada tahun 1818.

Tanaman langka di dunia ini memiliki diameter mencapai 105 cm dengan bobot 11 kilogram. Jika diperhatikan lagi, bunga ini tidak memiliki batang dan daun.

Rafflesia Arnoldii sendiri keseluruhannya hanya terdiri dari bunga sehingga untuk memproduksi makanan ia harus mengambil dari pohon inang.

Saat mekar, ia akan mengeluarkan bau tak sedap untuk memancing lalat datang agar membantunya melakukan proses penyerbukan.

2.Anggrek Larat

Tanaman Langka

Tanaman langka ini sering ditemukan di Pulau Larat, Maluku. Di sini Anggrek Larat tumbuh bebas di pohon-pohon besar yang ada di hutan belantara maupun celah tebing kapur.

Ciri khasnya terletak pada bunganya yang berwarna ungu pucat dan terkadang berwarna ungu tua. Batangnya memiliki diameter yang semakin keatas akan semakin mengecil.

3.Kibut / Bunga Bangkai

Tanaman Langka

Mungkin selama ini kita mengenal Rafflesia Arnoldii sebagai bunga bangkai. Namun ternyata, selain Rafflesia Arnoldii ada lagi jenis bunga bangkai di Indonesia yang diberi nama kibut.

Kibut termasuk salah satu tanaman obat langka yang dilidungi. Populasinya banyak ditemukan di pulau Sumatera.

Bunga ini termasuk dalam suku talas-talasan dimana ada umbi berukuran besar di bagian tengahnya. Umbi ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, khususnya untuk diet.

4.Anggrek Hitam

Tanaman Langka

Tumbuhan satu ini tumbuh subur di Kalimantan Timur dan Papua. Keeksotisannya membuatnya dibanderol dengan harga yang cukup mahal di pasaran.

Anggrek Hitam Kalimantan maupun Anggrek Hitam Papua sama-sama berwarna hita, hanya saja di bagian kelopak dan coraknya kedua anggrek ini tampak sedikit berbeda.

Pada anggrek Hitam Kalimantan, helaian bunganya berwarna hijau dan warna hitamnya hanya berupa bercak di bagian tengah.

Sementara Anggrek Hitam Papua memiliki putih berwarna cerah dengan kelopak yang secara keseluruhan berwarna hitam.

5.Edelweis Jawa

Tanaman Langka

Bunga edelweiss mampu mekar hingga 10 tahun lamanya karena hormone etilen yang ada di dalamnya.

Tanaman langka di Indonesia ini bisa ditemukan di beberapa gunung Indonesia seperti Merbabu, Semeru, Lawu, hingga Papandayan.

Namun, pendaki yang sedang mendaki di salah satu gunung itu tak diperbolehkan memetik Edelweis.

Jika ketahuan memetik, pendaki akan dikenakan sanksi berat sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 1990. Aturan ini dibuat untuk menjaga ekosistem di kawasan konservasi, yaitu di lingkungan pegunungan.

Itulah 5 tanaman langka yang sekarang ini dinyatakan hampir punah. Karena itu, jika sedang jalan-jalan dan menemukan tumbuhan ini, jangan di petik ya!

Related Post