TUMBUHAN YANG TERANCAM PUNAH DAN SANGAT LANGKA

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan flora dan fauna sangat melimpah. Flora fauna ini tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Indonesia sendiri memiliki ribuan jenis tanaman dengan jenis yang berbeda-beda.

Dibalik keberagamannya itu, tak sedikitnya ada yang hampir punah bahkan sulit untuk di temukan. Kepunahan ini tidak lain dan tidak bukan dikarenakan lingkungannya yang terancam sehingga lahan yang seharusnya di tumbuhi oleh tumbuhan tersebut malah hilang.

Padahal baik flora maupun fauna sangat perlu dijaga kelestariannya sehingga menjadi warisan Indonesia. Apalagi jenis-jenis yang sudah punah ini sangat sulit di temukan, bahkan tidak ada di luar negeri.

Kali ini kita akan bahas tumbuhan apa saja yang sangat langka serta sudah mulai punah.

1.Rafflesia Arnoldi

Rafflesia Arnoldi

Mungkin kamu sudah taka sing dengan jenis bunga yang satu ini karena menjadi salah satu materi yang berada ketika SD. Rafflesia Arnoldi atau yang sering disebut dengan bunga bangkai ini merupakan bunga yang berukuran besar dan raksasa. Dikatakan sebagai bunga bangkai, karena tumbuhan tersebut mengeluarkan bau yang sangat menyengat.

Dahulu, bunga ini ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles dan Joseph Arnold. Sehingga bila kedua namanya digabungkan menjadi Rafflesia Arnoldi, bunga ini terakhir di temukan Sumatera Selatan daerah Bengkulu dan Jambi.

2.Kantong Semar

Kantong Semar

Bila dilihat dari gambarnya, kantong semar ini memiliki bentuk yang unik. Bentuknya seperti kantong dengan ukuran yang cukup besar. Tumbuhan ini memiliki topi dibagian atasnya yang berguna untuk buka tutup saat ada mangsa yang menempel.

Layaknya seperti hewan, kantong semar bisa memangsa serangga seperti kumbang dan lebah. Karena keunikannya inilah yang membuat kantong semar banyak diburu dan dijadikan untuk koleksi. Tanaman ini bisa ditemukan di daerah Kalimantan atau di kawasan torpis. Namun kini, kepopulerannya sudah ilang karena di Indonesia pun sudah sangat jarang ditemukan.

3.Edelweis Jawa

Edelweis Jawa

Seperti dengan namanya bahwa tumbuhan yang satu ini memang tumbuh di daerah Jawa, khususnya pada pegungungan. Biasanya tanaman ini akan tumbuh setelah terjadi erupsi di gunung. Bentuknya yang cantik dan berwarna putih ini pun kerap kali diburu oleh orang-orang dan kerap dijadikan sebagai hadiah ataupun buah tangan. Dengan begitu, lama-lama tumbuhan inipun akan hilang jika terus menerus diambil. Jadi alangkah baiknya bila kamu sedang mendaki ke Gunung Pangrango, Gunung Papandayan, Gunung Gede, jika melihat tumbuhan ini jangan sekali-kali iseng untuk memetiknya.

4.Amorphophallus Titanum

Amorphophallus Titanum

Selain Rafflesia Arnoldi, terdapat bunga bangkai lainnya yang sama-sama langka dan hampir punah yaitu Amorphophallus Titanum. Kedua bunga bangkai tersebut memiliki ciri yang sangat beda, dimana bunga bangkai yang jenis ini memiliki ukuran yang besar dan sangat tinggi. Bahkan tingginya bisa mencapai 3 hingga 4 meter.

Bunga ini juga mengeluarkan aroma yang tidak sedap, sehingga tak heran bilag banyak serangga atau lalat yang berdatangan guna untuk membantu dalam penyerbukan. Meskipun berasal dari daerah sumatera, Bunga ini tersisa 1 dan masih dilestarikan di daerah Taman Hutan Raya Djuanda Bandung.

5.Anggrek Tebu

Anggrek Tebu

Warna dan motifnya yang unik, membuat anggrek tebu ini banyak di incar oleh banyak orang. Jika dilihat, motif bunga ini seperti kulit macan dan sudah masuk pada Guinness book of record sebagai anggrek terbesar di dunia. Belum lagi pertumbuhannya sangat lama dan jika terus-terusan di ambil oleh manusia, apakah bunga ini bisa tersisa?

Itulah 5 tumbuhan langka di Indonesia dan keberadaannya hampir punah. Untuk itu ada baiknya kalau kita bisa melestarikan tumbuhan-tumbuhan tersebut tanpa mengambilnya dna tidak merusak habitatnya!

Related Post